Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hati-hati, 13 Kesalahan yang Sering dilakukan oleh Youtuber Baru

 Mutiarapena.com - Youtuber yang sukses pada awalnya mereka bukan apa-apa dan bukan siapa-siapa. Dengan konsisten dan mau belajar mereka menjadi youtuber yang hebat, medapatkan ribuan subscriber dan ribuan viewer.

Butuh waktu yang sangat panjang untuk bisa menikmati rupiah hasil upload video. Ada yang enam bulan, 10 bulan bahkan ada juga yang sampai satu tahun. Intinya adalah menjadi youtuber itu tidak akan bisa instan seperti memasak mie instan hehe jadi sangat aneh jika ada orang yang bilang menjadi youtuber itu mudah padahal itu salah, kenyataanya sulit bro.

Hati-hati, 13 Kesalahan yang Sering dilakukan oleh Youtuber Baru

Buat kamu youtuber baru harus rajin belajar dan mencoba setiap hari agar video kamu bisa mendapatkan viewer yang banyak. Harus dipahami juga kamu jangan melakukan kesalahan dan tindakan yang merugikan, seperti sub4sub, viewe for viewer dan nonton bersama video orang di whatsapp. 

Kesalahan yang Sering dilakukan oleh Youtuber Baru

1. Gak Pelajari dulu Cara Kerja Youtube

Youtube memiliki cara kerja yang unik. Setiap video yang diupload memiliki penilaian yang berbeda-beda tergantung dari kualitas dan panjang durasi video. Youtube mendeteksi jika durasi video panjang sudah dipastikan video tersebut memiliki kualitas yang baik. 

Youtuber baru biasanya tidak mempelajari dulu cara kerja youtube dan apa yang diinginkan oleh youtube. Langsung saja membuat channel dan upload video. Jadi wajar jika videonya sepi dari pengunjung.

2. Tidak Memahami kompetisi di youtube

Setiap video dengan tema yang sama tentu memiiliki persaingan yang ketat. Judul boleh sama tapi isi video sudah pasti berbeda. Setiap channel berlomba-lomba ingin memiliki subscribe dan viewer yang banyak. Dengan jumlah subscriber yang banyak sudah dipastikan akan mendapatkan viewer yang banyak, catatan pentingnya memiliki subscriber aktif.

Akan jauh lebih baik jika judul video dan isi video membahas sesuatu hal yang baru, kometisinya akan sedikit, video kamu bisa saja menjadi yang teratas di halaman pencarian youtube. Caranya sangat mudah masukan judul video kamu pada kolom pencarian, kemudian enter, kira-kira banyak gak yang membuat video seperti kamu. Jika sedikit sebaiknya segera upload.

3. Gak Ada Mukamu di Video

Sebetulnya, mukamu nongol di kamera atau tidak bukan menjadi kewajiban yang harus dilaksanakan. Youtube memberikan penilaian yang tinggi terhadap video yang ada wajah pemiliknya. Orang juga bisa melihat oh ini dia pemilik channelnya, jadi mereka bisa mengenal kamu dalam setiap video.

Rata-rata dari banyak channel yang ada di Indonesia, 80 persen yang mukanya terlihat divideo akan banyak viewernya,, 50 ribu sampai 100 ribuan setiap videonya. 

4. Kamu Gak Pake Suaramu malah Pake Teks

Ini paling parah diantara yang lain bro. Jujur saja jika menemukan video yang hanya teks,, saya langsung close karena sangat menjengkelkan. Padahal kalau dibandingkan dengan ngomong lebih simpel ngomong, buat teks itu cape kan harus ngetik. 

Ini memang aneh, menurutku ini salah tapi viewernya masih ada bahkan ribuan bro. Logikanya yang hanya teks aja ada videonya apalagi mukamu nongol dan suaramu juga jelas, masa sepi pengunjung kan aneh banget.


5. Editingnya Asal-asalan

Ngadit video itu gak harus lama, bentar aja beres. Kalau kamu menggunakan tripod sudah pasti tidak bergoyang, jadi ngeditnya gak lama. Ngadit video itu jangan asal-asalan tapi bagus. Kamu bisa memperlihatkan video hasil editanmu pada teman, setelah ada penilian baru upload.

Ngedit video yang paling enak itu make kinemaster, simpel tapi sempurna banyak tools yang enak untuk dipake. Kamu bisa ngadit video dimanapun dan kapanpun.

6. Kamu Gak Pake Costum Thumnail

Apa itu Costum Thumnail?

Cover video atau gambar video yang akan selalu tampil pada saat video kamu dicari orang. Membuat cotum thumnail sangatlah penting agar pengunjung bisa tertarik melihat vidoe kita, gunakan paduan warna yang dominan serta teks yang jelas agar terlihat mencolok.

7. Gak Konsisten upload video

Upload video secara konsisten memang tidak mudah, ada aja halangan dan hambatan sehingga tidak jadi untuk upload video pada hari itu. Youtuber baru dan youtuber lama diwajibkan untuk konsisten upload video jika tidak ingin kehilangan subscriber dan viewer. 

Hambatan yang sering terjadi kenapa tidak konsten upload video karena tidak adanya ide membuat video, artinya blank ide,, Momen ini menjadi tabu dikalangan youtuber. 

Jadi buat kamu youtuber pemula rencanakan dan periapkan ingin membuat konten apa agar bisa konsisten upload video dua kali dalam seminggu atau tiga kali dalam seminggu.

8. Tidak fokus dalam satu Tema

Youtube suka dengan tema yang fokus, youtube bisa mengelompokan setiap tema yang dibuat, hasilnya channel yang temanya Wisata akan bersaing dengan channel Wisata tidak dengan channel lain. 

Jika tema channelmu campuran maka youtube enggan dan malas merekomendasikan channelmu pada setiap orang, karena channelnya tidak layak untuk dikembangkan dan dibantu oleh youtube.

9. Gak Mereview Videomu

Ini wajib teman-teman, kamu harus melihat video yang akan diupload barang kali saja ada kesalahan editing atau kesalahan bicara dan sebagainya. Tujuannya agar ada perbaikan pada video selanjutnya. Tidak hanya video yang akan kamu upload, video yang sudah diuploadpun harus ada review atau evaluasi agar videomua lebih baik, dilihat dari jumlah subscriber dan viiewer.


10. Gak pernah pelajari Analitic

Analitic atau analisis pengunjung pada videomu. Kamu bisa masuk dibagian halaman utama channel youtube kamu, kemudian klik analitic. Di sana kamu akan melihat dari mana asal trafik videomu, bisa dari media sosial atau dari hasil pencarian youtube. Jika videomua banyak dicari orang itu bagus, lanjutkan mengupload video.

11. Gak Realistis (Sesuaikan dengan harapan)

Semua orang boleh berharap subscriber banyak dan viewer juga banyak. Kalian boleh berharap 1000 subscriber dan 4000 jam tayang dalam satu tahun. jika harapan kamu dalam waktu satu bulan bisa mencapai 100o subcriber dan 4000 jam tayangm sepertinya tidak realistis dan tidak dapat dimengerti oleh pikiran. Karena sangat berat untuk mendapatkan 1000 subscriber dan 4000 jam tayang.


12. Membuat Halangan Menjadi Alasan

Sangat terasa oleh saya, membuat satu konten saja susahnya minta ampun padahal bisa, ini hanya alasan yang sudah basi, membuat artikel di blog bisa setiap hari, tapi kenapa membuat konten youtube tidak bisa setiap hari, apa kendalanya? Segera kamu perbaiki agar subscribermu tidak kecewa.

13. Melakukan Sub4sub

Apapun alasannya sub4sub dilarang oleh youtube. 
Kenapa dilarang?
Ya karena terdeteksi sebagai spam.

Seseorang yang sering melakukan sub4sub di aplikasi, sangat yakin tidak akan dimonetisasai. Youtube memiliki sistem pendeteksi spam tercanggih di tahun ini, jadi wajar tidak akan ada iklannya. 

Bagaiamana jika melakukan sub4sub melalui facebook dan Whatsapp?

Hal ini masih dalam perdebatan. Ada yang berhasil monet ada juga yang tidak bisa monet. Saya yakin kalian bisa memilih sub4sub yang baik dan juga aman.
Romli Omi
Romli Omi Konten Kreator Blog dari Cianjur Selatan

Posting Komentar untuk "Hati-hati, 13 Kesalahan yang Sering dilakukan oleh Youtuber Baru"