Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Struktur Proposal Kegiatan Terbaru 2021/2022

 Mutiarapena.com - Struktur proposal dari tahun ke tahun ada perubahan, disesuaikan dengan perkembangan zaman masa kini. Proposal sangat penting untuk mengajukan atau permintaan dana, agar kegiatan bisa terselenggara dengan baik. Pendapatan dana dari hasil permintaan ke Instansi atau ke tempat-tempat tertentu akan digunakan pada pelaksanaan kegiatan. Mulai dari rencana kegiatan, konsumsi sampai dengan dokumentasi.

Struktur Proposal Kegiatan Terbaru 2021/2022

Sebelumnya kita sudah membahas persiapan pembuatan proposal, jadi untuk pengertian proposal tidak akan saya bahas di sini. Secara singkat proposal merupakan rencana pengajuan anggaran kepada pihak tertentu.

Struktur Proposal Kegiatan Terbaru 2020/2021

1. Judul Kegiatan

Judul merupakan ide poko kegiatan.

Judul harus bagus, menarik dan jelas agar rencana angggaran bisa cair. Bahaya sekali jika dalam pembuatan judul proposal asal-asalan, nanti dana yang diminta tidak akan cair. Judul kegiatan harus relevansi dengan zaman, artinya disesuaikan dengan kondisi dan keadaan saat ini. 

Contoh judul

Peringatan Ulang Tahun Sekolah SMAN 1 Pasirkuda yang Ke-8

2. Pendahuluan

Pendahuluan merupakan hal yang paling utama dijelaskan. Terdapat Latar belakang dan tujuan pembuatan Proposal.

a. Latar Belakang Masalah

Latar belakang merupakan dasar kegiatan untuk memberikan penjelasan terhadap kegiatan tersebut kepada orang lain atau pembaca, dilihat dari masa lalu.

b. Tujuan Kegatan

Tujuan kegiatan merupakan hal-hal yang ingin dicapai setelah kegiatan tersebut dilaksanakan.

3. Isi Proposal

Isi proposal merupakan kegiatan inti yang harus dilaksanakan atau dijalankan oleh panitia pelaksanaan kegiatan. Adapun yang termasuk dalam isi proposalal sebagai berikut.

a. Rincian Kegiatan

Rincian kegiatan merupakan catatan semua aktifitas kegiatan, mulai dari awal kegiatan sampai akhir kegiatan. Rincian keggiatan harus terperinci jangan sampai melompati waktu yang sudah ditentukan.

b. Peserta Kegiatan

Siapa peserta kegiatan?

Jika proposal ini dibuat di lingkungan sekolah maka pesertanya adalah siswa dan juga guru. Jika proposalnya dibuat di lingkungan masyarakat maka pesertanya adalah pejabat setempat mulai dari RT, ketua DKM, sampai dengan Kepala Desa.

c. Waktu dan Lokasi Kegiatan

Waktu pelaksanaan yang baik dihari libur yaitu sabtu dan juga minggu. Untuk lokasinya kamu bisa tentukan mau di mana. Misalkan di Curug Citambur atau di Datar Pendey. 

4. Susunan Acara

Susunan acara merupakan rangkaian kegiatan pembukaan dari awal hingga akhir. Susunan acara dibuat hanya pada waktu itu saja atau kegiatan inti. Dalam kegiatan wajib ada upacara pembukaan dan upacara penutupan.

5. Susunan Kepanitiaan

Susunan kepanitiaan terdiri dari penanggung jawab, ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara, seksi peralatan, seksi keamanan, seksi konsumsi, seksi dekorasi, seksi dokumentasi, dan seksi-seksi yang lainnya bisa disesuaikan dengan keinginan.

6. Anggaran Dana

Anggaran dana yang direncanakan misalkan 5 juta rupiah. Rinciannya biasa kamu tulis untuk apa saja. Hal ini agar pembaca atau pihak terkait yang diberikan proposal bisa memahami jumlah dana yang diminta. 

7. Penutup

Buat untaian kata yang menarik akan sponsor atau pihak tertentu yang diminta dana bisa menggelontorkan dana sesuai dengan yang diharapkan.

Tugas untuk Kelas XI IPS

1. Tuliskan Struktur Proposal Kegiatan!

2. Pernahkah kalian membuat proposal? Jelaskan!

3. Apa kendala dalam membuat proposal?

Kumpulkan tugas tersebut japri ke Pak Omi, bapak tunggu pengumpulan tugas kamu sampai pukul 20.00.

Romli Omi
Romli Omi Konten Kreator Blog dari Cianjur Selatan

Posting Komentar untuk "Struktur Proposal Kegiatan Terbaru 2021/2022"