Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

13 Tahap Membuat Channel Youtube yang Benar

 Mutiarapena.com - Menjadi seorang youtuber tentunya tidak mudah dan membutuhkan waktu yang lama. Jika ada yang bilang bahwa bisa menjadi youtuber dengan waktu yang singkat berarti dia sudah bohong atau mungkin sedang ngigau. Channel yang susbcribernya sudah jutaan awalnya sulit mendapatkan susbcriber dan viewer, dengan berjalannya waktu mereka bisa seperti sekarang ini menjadi youtuber yang sukses. 

Channel Den JC misalnya, channelnya bisa ramai setelah empat bulan, dimonetisasi setelah enam bulan dan mendapatkan seratus ribu subscriber selama sepuluh bulan.

Den JC bisa seperti itu lalu apakah kita bisa?

13 Tahap Membuat Channel Youtube yang Benar

Kalau memang ingin seperti Channel Den JC simak Tahap Membuat Channel Youtube yang Benar berikut ini : 

1. Pilih Topik Utama Yang Fokus

Topik utama dalam sebuah channel sangat menentukan kelangsungan channel tersebut. Topik utama harus fokus, jangan membahas tentang topik campuran supaya youtube tidak bingung meranking dan merekomendasikan videomu kesemua orang. 

Jika channelmu fokus, youtube akan mengelompokan topik channelmu dan akan menyebarluaskannya kepada channel lain supaya bisa ditonton. Makanya tidak heran jika diberanda channelmu tiba-tiba ada video yang gak pernah dicari tapi ada, itu berarrti ranking videnya bagus maka youtube menyodorkannya kepada kalian supaya menonton. Dalam bahasa singkatnya "nih ada video bagus segeralah menonton kalau gak kamu akan rugi" kira-kira begitu kata youtube. 

Berikut ini saran dari penulis tentang topik yang bisa kalian bahas yang sifatnya berlaku semumur hidup dan tidak terkikis oleh zaman :
  1. Tutorial Makeup
  2. Tutorial Hijab
  3. Tutorial Krajinan (Rumah Miniatur, Origami, dan sebagainya)
  4. Tutorial Kesehatan
  5. Zoom Menggunakan Microskop (Zoom tanah, air, sperma, telor, dan sebagainya, ada kehidupan atau tidak)
  6. Informasi Mobil Truk (Seperti channel setinjau Lauik)
  7. Tutorial Budidaya (Ikan lele, ikan mas, domba, ayam dan sebagainya)
  8. Tutorial Belajar Nyetir mobil
  9. Informasi Keagamaan
  10. Pembahasan Al-quran
Untuk topik game itu tidak selamanya karena setiap tahun sudah pasti akan ada game yang baru, game yang lama akan ditinggalkan jadi tidak booming lagi.

Cara Menentukan Jenis Topik Youtue :
  • Tuliskan topik yang kamu suka, jika ada sepuluh tuliskan semuanya.
  • Pilih diantara topik yang sudah kamu tuliskan tadi yang sesuai dengan skilmu.

2. Buat Nama Channel Yang Bagus

Nama channel merupakan branding yang akan kamu gunakan selamanya. Kamu bisa buat dengan nama panggilanmu, nama anak, nama istri dan sebagainya. 

Kamu tentukan nama channelnya, kemudian cari dimesin telusur youtube sudah digunakan atau belum, jika ada yang menggunakan saran saya ganti dengan nama yang lain biar mudah dicari di mesin telusr youtube. Intinya buat nama channel yang belum pernah ada, jadi nama channelmu hanya kamu yang punya.

Misalkan nama channelnya Risyad Kreator, Budi Kreator, Wawan Kreator dan sebagainya.

3. Pikirkan 50 Video Yang Akan Dibuat

Ideo video yang sudah pasti bisa dibuat lebih dari 50 video yaitu tentang tutorial hijab, makeup, lihat saja di no satu ya. 

Jika kamu tidak bisa menentukan video yang akan dibuat, maka harus diganti dengan yang unlimited konten seperti yang diatas. Saya yakin jika ada kemaun akan ada jalan yang terang dan lurus untuk ditempuh.

4. Memilih Peralatan (Manfaatkan yang ada)

Peralatan yang digunakan untuk youtuber pemula sebaiknya jangan memaksakan diri membeli yang bagus, apa adanya saja dulu nanti menyusul membeli peralatan yang bagus. Youtuber yang sukses juga dulunya gitu shooting dengan peralatan seadanya.

Peralatan Yang Harus Dipersiapkan

a. Kamera

Untuk kamera gunakan saja kamera hp, zaman sekarang kan hpnya sudah pada bagus-bagus jadi cocok untuk permulaan.

b. Tripot

Harga tripot 60 ribu, bisa digunakan agar proses shooting menyenangkan.

c. Aplikasi Editing

Aplikasi editing yang saya gunakan yaitu Kinemaster

b. Laptop

Kalau tidak punya laptop jangan paksakan untuk membeli, abaikan saja dulu.

5. Bikin jadwal shooting dan upload video

Menentukan jadwal shooting itu sangat bagus agar bisa menjadi youtuber yang handal. Kalau kamu kerja ditempat lain, berarti shootingnya di hari libur, atau di malam hari setelah pulang kerja. Kamu sendiri tentunya yang paham dengan kondisimu sendiri jadi segeralah ataur jadwal shooting dan laksanakan dengan baik.

Tentukan juga jadwal upload, pagi, siang, sore atau malam. Sebenarnya ada jadwal upload yang bagus yaitu di sore hari dan malam hari. Sore pukul 5 dan malam pukul 8. Alasannya karena semua orang sudah ngumpul di rumah masing-masing.

6. Membuat Channel youtube

Membuat channel youtube itu mudah, syaratnya menggunakan email gmail, silahkan buat dulu email gmailnya. Setelah kamu membuat akun gmail Cara, kunjungi situs youtube atau Biar mudah silahkan kamu klik link dI bawah


Kemudian pilih Buat channel baru (create a channel)

Setelah berhasil dibuat, kamu harus memverifikasi channelmu menggunakan nomor hp agar kamu bisa membuat video yang panjang dan memasang thumbnail yang menarik.

Info selanjutnya akan saya bahas dikesempatan lain ok.

7. Membuat Desain Banner dan Deskripsi channelmu

Desain banner merupakan brand kamu yang akan dilihat orang, jika desainmu kurang menarik bisa saja pengunjung akan meninggalkan channelmu, maka dari itu harus menarik.

Cara membuat header banner dengan menggunakan aplikasi Pixellab, next artikel.

Isi juga deskripsi atau penjelasan channelmu, kamu bahas apa tuliskan disitu dengan kalimat yang komunikatif yang bisa meyakinkan penonton.


8. Shooting bikin video (Action)

Persiapan sebelum shooting yaitu catatan kecil sebagaai materi isi video, kemudian alat, dan sebagainya.

Pada saat shooting wajahmu harus nongol agar youtube bisa tahu siapa kamu sebenarnya. Orangpun akan melihat wajahmu seperti acara di TV, kerenkan.

9. Editing Video

Saya menggunakan aplikasi Kinemaster, kalau kamu menggunakan aplikasi apa?

Siapkan video hasil shooting tadi, jangan sampai lupa naruh yah karena akan bermasalah pada saat editing. 

10. Upload Video

Upload video bisa menggunakan hp bisa juga di laptop. Lalu mana yang lebih bagus penggunaanya?

Menurut saya lebih bagus menggunakan Laptop atau PC karena lebih jelas (layar besar) dan lebih mudah pada saat membuat judul, deskripsi, tag, dan yang lainnya.

Baca Juga - Blog & Youtube Mana yang Bagus?

11. Desain thumbnail untuk channelmu

Thumbnail yang keren sudah pasti banyak yang ngeklik.
masukin wajahmu dan isi dengan kata-kata, warnanya harus dominan, seperti merah, kuning dan sebagainya.

Saya menggunakan aplikasi pixellab

12. Share video

Setelah selesai videomu diterbitkan, silahkan kamu share ke media sosial facebook, WA, intagram dan sebagainya agar videomu dilihat orang lain. Ajak juga keluarga, teman dan pacarmu menonton.

13. Konsistensi

Hal inilah yang biasanya youtuber pemula abaikan, terkadang rajin upload terkadang malas upload. Kamu bisa upload video dua kali dalam seminggu, tiga kali juga bisa bahkan setiap hari juga bisa. 

Saran saya tiga kali saja dalam seminggu agar kamu bisa memikirkan kedepannya mau upload apa, jadi ada persiapan upload berikutnya.

Kesimpulan

Dengan tiga belas cara di atas kamu bisa memulai menjadi youtuber pemula, semoga sukses menjadi youtuber hebat, banyak susbcriber dan viewernya, amin.
Romli Omi
Romli Omi Konten Kreator Blog dari Cianjur Selatan

Posting Komentar untuk "13 Tahap Membuat Channel Youtube yang Benar"